Senin, 23 Desember 2013

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Minggu  lalu  saya membaca  Hal  iklan yang sangat menarik di sebuah harian nasional.
Begini tulisannya (kalo gak salah :))

Di Cari  Volunteer  Remaja  (Untuk Liputan remaja Kompas)

Syarat - Syarat  :

SMA / sederajat
Mudah Bergaul
Seru !
Gak serius serius amat ! 
Percaya diri
Bisa bekerja sama 

Tidak tertera syarat2   nilai akademis di situ  !!  That's the point  !

Kebetulan anak saya Athaya adalah anak yang kurang percaya diri akan kemampuan akademisnya sendiri.
Meskipun sebenarnya dia anak yg cerdas. Namun dia selalu merasa minder.
Dan saya merasa Iklan ini bisa dijadikan pelajaran untuknya.

Saat itu juga, saya panggil si kakak, dan menyuruh dia untuk membacanya.
Lalu saya menyuruh dia mengulang apa yg telah di baca.


Kemudian saya katakan padanya :
Untuk menjadi seseorang yang Berhasil  , kamu gak perlu punya nilai akademis yang Fantastis !
Nilai 100 untuk Matematika, ipa, ips ataupun bahasa Inggris.
Semua nilai itu bisa gak berarti , jika kamu seorang yang introvert, tidak percaya diri, tidak bergaul, tidak bisa kerjasama dengan teman.  Gak Seru dan Gak asik ! (kata anak sekarang)

Kita gak perlu pintar dalam segala hal , cukup 1 bidang lalu di pelajari dan diseriusin.
Misalnya : Saya kasih contoh Dian Pelangi ; ia sangat lihai mendesain baju muslim. Tapi di sisi lain, apakah bisa jika ia di suruh membuat pesawat terbang seperti Pak Habibi ?
Sebaliknya ; apakah Pak Habibi bisa jika di suruh membuat baju seperti Dian Pelangi ?


Saya berusaha meyakinkan dia bahwa, Setiap manusia di ciptakan Allah dengan kelebihannya masing masing. Jadi gak perlu minder jika kita beda dengan teman yang lain.

Di Masa beranjak remaja ini, anak2 perlu mendapat perhatian lebih dari orang tua teruatama Ibu.
Karena banyak pertanyaan-pertanyaan di luar dugaan. Dan kita harus  menjawabnys dengan Ilmu dan teori. Bukan hanya sekedar menjawab. Bukan pula bertanya pada orang tua kita (karena zamannya sudah berbeda)

Jadi saya banyak-banyaklah belajar. Karena mendampingi anak di masa remaja tidak akan terulang 2 kali.

Be a Wise Mom :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar